Thursday 20 October 2011

Arti Pendidikan menurut Para Ahli

Arti Pendidikan menurut Para Ahli :
• J.J. Russeau, Pendidikan adalah pembekalan yang tidak ada pada pada saat anak-anak, akan tetapi dibutuhkan pada saat dewasa.
• Frederick J. Mc Donald, Pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia.
• Prof. Dr. John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.

• Prof. Herman H. Horn, pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisk dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia
• M.J. Langeveld, pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung
• Prof. H. Mahmud Yunus, pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarak .
• Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
• Edgar Dalle, Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.
• Dan menurut saya, Pendidikan adalah usaha pengembangan diri kearah yang positif dan didapat baik dari dalam maupun luar diri kita agar menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab untuk kini dan nanti.


Arti Kedewasaan

Dewasa dapat juga dapat diartikan bagaimana seseorang dapat secara bijak dan tepat dalam mengambil tindakan dalam suatu keputusan, sehingga keputusan yang diambil dapat diterima sekitarnya dan menyelesaikan masalah yang ada.
Seseorang dapat dikatakan dewasa jika ia sudah dapat menkondisikan keadaan dengan baik dapat mengontrol suatu masalah dalam keadaan apapun, sehingga ukuran kedewasaan seseorang tidak diukur dengan usia melainkan dengan sikap.

Arti Pergaulan

Adalah bagaimana cara kita bersosialisasi dalam bermasyarakat sehingga dapat diterima dengan baik dalam suatu pergaulan di masyarakat. Cara interaksi yang baik, komunikatif, berbudi, santun, dan bernilai positif sangat mempengaruhi lungkup pergaulan kita,
Pergaulan dapat didefinisikan juga dengan kemahiran diri untuk menjadi bagian dalam suatu komunitas tertentu agar exist dan menjadi sosialis yang baik.

Hubungan antara Pergaulan dan Pendidikan

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya, pergaulan dan pendidikan sangatlah erat kaitannya dalam hidup kita dari berbagai aspek. Tidak semua orang yang berpendidikan dapat bergaul dan diterima masyarakat dengan baik, kecuali ia benar-benar terjun langsung. Adapun sebaliknya tidak semua yang pandai bergaul adalah seorang yang terdidik. Namun cakupan pendidikan sangatlah luas, terdidik bukan berarti ia berilmu dan pintar, tetapi bagaimana ia dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya.
Seseorang yang terdidik dengan baik dan dapat menerapkannya dalam keadaan sehari-hari akan membuat miliu yang baik pula. Dan darimiliu yang baik dan kondusif tersebut akan tercipta pribadi yang baik dan dapat memajukan bangsa. Karen baik buruknya seseoran dapat dinilai dari lingkungan sekitarnya.

Mengapa Pendidik Harus seorang yang Dewasa.

Jawabannya sangatlah singkat, karena kedewasaan ampuh untuk mengendalikan keadaan sehingga kedewasaan yang dimiliki para pendidik dapat mempermudah system belajar mengajar agar tetap berjalan sesuai dengan regulasi yang ada dan tetap bertanggung jawab.
Sehingga kedewasaan menjadi syarat mutlak bagi para pendidik karena baik secara langsung ataupun tidak berperan penting dalam sebuah edukasi positif.