Thursday 17 November 2011

6 Makanan Anti Gemuk

Diet tidak melulu identik dengan perut lapar. Kita pun butuh camilan dan makanan yang bisa membuat perut tetap kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Inilah 6 makanan yang wajib dikonsumsi jika ingin mengurangi berat badan tanpa kelaparan:

1. Biji-bijian
Jangan pernah memandang makanan mini ini dengan sebelah mata. Tahukah kita kalau makanan ini penuh dengan serat dan air? Kedua bahan inilah yang sangat dibutuhkan lambung untuk merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, biji-bijian juga dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga kita pun merasa kenyang lebih lama. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of The American College of Nutrition ditemukan bahwa pemakan biji-bijian memiliki berat badan 3 kilogram lebih ringan serta lingkar badan lebih kecil dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan biji-bijian seperti kacang merah dan edamame ke dalam salad, pasta, dan sup kita.

2. Oatmeal
Whole grain seperti oatmeal dan nasi cokelat penuh dengan serat yang mudah larut. Hal ini membuat oatmeal memperlambat proses pencernaan. Tak heran perut pun merasa kenyang lebih lama. Untuk sarapan, pilihlah oatmeal dibandingkan granola untuk memangkas asupan gula dan lemak.

3. Sup
Untuk mengisi perut dengan cepat, kita boleh memilih sup sebagai juaranya. Pilihlah sup bening dengan kuah kaldu dibandingkan sup yang berbahan krim karena lebih rendah lemak dan kalori. Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan sayuran, biji-bijian, dan whole grain ke dalamnya untuk meningkatkan kandungan serat.

4. Buah Pir
Jika berbicara mengenai kandungan serat, pir lebih unggul dibandingkan apel. Selain itu, buah berkulit hijau ini juga mengandung air yang tinggi. Kombinasi air dan serat ini membantu kita merasa kenyang. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat. Buah ini cocok dijadikan camilan karena selain mengenyangkan juga lebih lambat dicerna.

5. Salad Hijau
Isilah mangkuk salad kita dengan sayuran berdaun hijau seperti selada dan bayam. Sayuran ini mengandung kalori yang sangat rendah. Tahukah, meski kita mengonsumsi sayuran ini sebanyak 460 gram, kalori yang masuk ke dalam tubuh hanyalah 20? Menakjubkan bukan? Makanlah sayuran ini sebelum makan malam. Studi yang dilakukan Penn State University mengatakan dengan melakukan hal tersebut, setelahnya kita akan mengonsumsi makanan utama lebih sedikit. Dengan demikian, kita pun mengurangi porsi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

6. Popcorn
Popcorn merupakan makanan yang mengandung kalori sangat rendah asalkan tidak dicampur dengan mentega dan garam. Bayangkan, walaupun sudah mengonsumsi 740 gram popcorn, kita hanya memasukkan 100 kalori ke dalam tubuh. Jadi dibandingkan memiliki keripik dan kue sebagai camilan, pastikan mulut kita sibuk mengunyah popcorn rendah kalori ini. Perut pun akan merasa nyaman karenanya.