Thursday 17 November 2011

Tips Menghilangkan Sakit Kepala

Caranya adalah dengan melakukan gerakan sederhana yang meniru gerakan kura-kura dengan step-step sebagai berikut:

1.Duduklah di tempat yang nyaman (bisa dengan posisi bersila atau duduk di atas kursi biasa). Luruskan punggung dengan baik. Letakkan kedua tangan di atas lutut dan telapak tangan menengadah keatas.

2.Tarik nafas panjang, masukkan udara dari hidung dan kembungkan perut sambil mendongakkan kepala/mengangkat dagu sejauh mungkin, hingga kepala menyentuh leher belakang kita. Saat menarik nafas panjang ini, perhatikan udara yang masuk melalui rongga hidung ke dalam rongga dada dan perut dan pertahankanlah sejenak sambil mengangkat kedua belah bahu setinggi mungkin mendekati telinga.

3.Hembuskan nafas perlahan-lahan sampai habis sambil mengempiskan rongga perut. Ulangi gerakan ini beberapa kali, setiap kali sempat dan merasa membutuhkan. Tidak ada aturan main harus berapa kali sehari tau berapa lama. Namun yang jelas, semakin sering melakukan, semakin lancar aliran darah ke kepala dan dengan sendirinya semakin lancar supply oksigen ke otak sehingga sakit kepalapun berkurang dengan drastic. Latihan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, saat jam istirahat kantor, sedang menonton TV di rumah, menunggu bis di halte dan sebagainya.Tidak perlu harus menunggu sakit kepala untuk melakukan aktifitas ini, karena jika kita melakukannya saat sehat, justru sangat efektif untuk mencegah terjadinya sakit kepala sebelum terjadi. Sebagian orang berkomentar bahwa gerakan ini mirip gerakan dalam Yoga. Mungkin saja. Karena Yoga pun memang memiliki banyak jenis gerakan yang tujuannya bukan saja untuk membantu meningkatkan hubungan dengan Sang Maha Pencipta, namun juga memberikan benefit kesehatan secara tidak langsung, tidaklah mengherankan jika ada yang mengamati bahwa gerakan ini sangat mirip.

Catatan:

1.Jika pertama kali melakukannya saat sedang sakit kepala, sebagian orang bisa merasakan manfaatnya seketika, namun sebagian orang yang lain tidak langsung merasakan manfaatnya seketika itu juga. Variasi antar individu mungkin terjadi karena tingkat ketidaklancaran supply oksigen ke kepala yang berbeda pada tiap kondisi seseorang, selain juga perbedaan penyebab dari gangguan sakit kepala itu sendiri. Ada yang sakit kepala karena flu, ada yang kelelahan, ada yang salah posisi tidur, ada yang karena hypertensi, ada yang karena hypotensi, ada yang karena asam urat, kolesterol, anemia dan sebagainya. Yang jelas, semakin rajin melakukan latihan semakin efektif kita bisa mengusir sakit kepala.

2.Gerakan ini sangat efektif untuk menghilangkan sakit kepala biasa pusing karena flu, kelelahan, salah tidur, penat dsb. Tentunya jika anda mengalami sakit kepala karena faktor lain/penyakit yang serius, misalnya anemia yang berat, tumor di kepala dan sebagainya yang juga memberikan rasa sakit kepala yang hebat, mungkin gerakan kepala ini tidak cukup memadai, karena tetap membutuhkan bantuan /therapy lain dari dokter untuk menghilangkan penyebab utamanya.

3.Tips lain, lakukanlah gerakan dengan penuh perasaan dan penghayatan, hati-hati dan perlahan dan jangan lakukan hentakan/gerakan mendadak yang terlalu keras yang sebaliknya bahkan mungkin mencederai otot anda sendiri.